IDENTIFIKASI METODE
|
NO
|
NAMA
METODE
|
LANGKAH
RINGKAS
|
RUJUKAN
|
|
1
|
Examples non examples
|
1. Guru
menyiapkan gambar dalam bentuk slide/gambar di karton
2. Guru
memberikan kesempatan pada siswa untuk mengamati gambar
3. Guru
meminta siswa untuk mendiskusikan tentang makna gambar tersebut.
4. Setelah
mengamati gambar tersebut, tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil
diskusinya.
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
2
|
Picture and picture
|
1. Guru
memanggil siswa secara bergantian/perkelompok untuk mnegurutkan gambar-gambar
yang sudah disiapkan oleh guru.
2. Siswa
diminta membuat deskripsi tentang urutan gambar tersebut.
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
3
|
Numbered heads together
|
1. Siswa
dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil dan membagikan kertas berisikan nomor
2. Guru
memberi tugas dan meminta pada tiap kelompok untuk mendikusikannya
3. Guru
memanggil salah satu nomor yang telah dibagikan kepada siswa
4. Bagi
yang dipanggil nomornya diharapkan untuk mempresentasikan hasil diskusinya
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
4
|
Cooperative script
|
1. Guru
membagi siswa berpasangan
2. Guru
membagi materi kepada siswa untuk diringkas
3. Guru
meminta siswa secara bergantian untuk mmebacakan hasil ringkasannya
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
5
|
Kepala bernomor struktur
|
1. Siswa
dibagi ke dalam beberapa kelompok
2. Tiap
siswa dari kelompok mendapatkan nomor
3. Penugasan
terhadap siswa berdasarkan kepada nomor yang sudah didapat
4. Tuga
yang dilakukan secara bekerjasama dengan kelompoknya, misalnya ada yang
bertugas mendengarkan, mencatat, bertanya dan mempresentasikan
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
6
|
Jigsaw
|
1. Siswa
dikelompokan ke dalam 4 anggota tim
2. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang
berbeda
3. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
4. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari
bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk
mendiskusikan sub bab mereka
5. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap
anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim
mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya
mendengarkan dengan sungguh-sungguh
6. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
7
|
Problem based introduction (pbi)
|
1. Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan
menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Memotivasi siswa
untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
2. Guru membantu siswa mendefinisikan dan
mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut
(menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
3. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi
yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah,
pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
8
|
Artikulasi
|
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
3. Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah
kelompok berpasangan dua orang
4. Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu
menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar
sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga
kelompok lainnya
5. Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak
menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian
siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
6. Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang
sekiranya belum dipahami siswa
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
9
|
Mind
mapping
|
1. Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan
ditanggapi oleh siswa dan sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif
jawaban
2. Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
3. Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif
jawaban hasil diskusi
4. Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu)
membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai
kebutuhan guru
5. Dari data-data di papan siswa diminta membuat
kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
10
|
Make-a
match
|
1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa
konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu
soal dan bagian lainnya kartu jawaban
2. Setiap siswa mendapat satu buah kartu
3. Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang
dipegang
4. Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu
yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum
batas waktu diberi poin
6. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap
siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
11
|
Think
pair and share
|
1. Guru menyampaikan inti
materi dan kompetensi yang ingin dicapai
2. Siswa diminta berpasangan
dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran
masing-masing
3. Guru memimpin pleno kecil
diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
4. Berawal dari kegiatan
tersebut, guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah
materi yang belum diungkapkan para siswa
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
12
|
Debate
|
1. Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro
dan yang lainnya kontra
2. Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan
didebatkan oleh kedua kelompok diatas
3. Setelah selesai membaca materi, guru menunjuk salah
satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu, kemudian ditanggapi oleh
kelompok kontra. Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa
mengemukakan pendapatnya.
4. Sementara siswa menyampaikan gagasannya, guru
menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan sampai mendapatkan sejumlah ide
diharapkan.
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
13
|
Role
playing
|
1. Guru
menunjuk beberapa siswa
untuk mempelajari skenario dalam waktu beberapa hari sebelum kbm
2. Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5
orang
3. Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin
dicapai
4. Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk
melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
5. Masing-masing siswa berada di kelompoknya sambil
mengamati skenario yang sedang diperagakan
6. Setelah selesai ditampilkan, masing-masing siswa
diberikan lembar kerja untuk membahas penampilan masing-masing kelompok.
7. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil
kesimpulannya
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
14
|
Grup
investigation
|
1. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok heterogen
2. Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas
kelompok
3. Guru memanggil ketua kelompok dan setiap kelompok
mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
4. Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah
ada secara kooperatif yang bersifat
penemuan
5. Setelah selesai diskusi, juru bicara kelompok
menyampaikan hasil pembahasan kelompok
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
15
|
Talking
stik
|
1. Guru menyiapkan sebuah
tongkat
2. Guru menyampaikan materi
pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk
membaca dan mempelajari materi.
3. Setelah selesai membaca
materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, siswa menutup bukunya.
4. Guru mengambil tongkat dan
memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa
yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
16
|
Bertukar
pasangan
|
1. Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru bisa
menunjuk pasangannya atau siswa memilih sendiri pasangannya).
2. Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas
dengan pasangannya.
3. Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan
satu pasangan yang lain.
4. Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan, kemudian
pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mencari kepastian jawaban
mereka.
5. Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan
kemudian dibagikan kepada pasangan semula.
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
17
|
Snowball
throwing
|
1. Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
2. Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil
masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
3. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya
masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada
temannya
4. Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar
kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut
materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
5. Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut
dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ±
15 menit
6. Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan
diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis
dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
18
|
Student facilitator and explaining
|
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada
siswa lainnya misalnya melalui bagan/peta konsep.
4. Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
|
|
|
19
|
Demonstration
|
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan
disampaikan
3. Menyiapkan bahan atau alat yang diperlukan
4. Menunjuk salah seorang siswa untuk mendemontrasikan
sesuai skenario yang telah disiapkan.
5. Seluruh siswa memperhatikan demontrasi dan
menganalisanya.
6. Tiap siswa mengemukakan hasil analisanya dan juga
pengalaman siswa didemontrasikan
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
20
|
Cooperative
integrated reading
And
composition (circ)
|
1. Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang
secara heterogen
2. Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik
pembelajaran
3. Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan
ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada
lembar kertas
4. Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
5. Guru membuat kesimpulan bersama
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
21
|
Inside-outside-circle
|
1. Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan
menghadap keluar
2. Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar
lingkaran pertama, menghadap ke dalam
3. Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan
besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua
pasangan dalam waktu yang bersamaan
4. Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di
tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua
langkah searah jarum jam.
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
22
|
Tebak
kata
|
1. Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai atau
materi ± 45 menit.
2. Guru menyuruh siswa berdiri berpasangan di depan
kelas
3. Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10x10 cm
yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi
kartu yang berukuran 5x2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian
ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga
4. Sementara siswa membawa kartu 10x10 cm membacakan
kata-kata yang tertulis didalamnya sementara pasangannya menebak apa yang
dimaksud dalam kartu 10x10 cm. Jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu
yang ditempelkan di dahi atau telinga.
5. Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di
kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah
ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung
memberi jawabannya
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
23
|
Word
square
|
1. Guru menyampaikan materi sesuai kompetensi yang
ingin dicapai.
2. Guru membagikan lembaran kegiatan sesuai contoh
3. Siswa menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam
kotak sesuai jawaban
4. Berikan poin setiap jawaban dalam kotak
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
24
|
Scramble
|
1. Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan kompetensi
yang ingin dicapai
2. Buat jawaban yang diacak hurufnya
3. Intruksikan
siswa untuk memasangkan antara pertanyaan dengan jawaban yang tepat.
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
25
|
Take
and give
|
1. Jelaskan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai
2. Untuk memantapkan penguasaan peserta tiap siswa
diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) lebih kurang 5
menit
3. Semua siswa disuruh berdiri dan mencari pasangan
untuk saling menginformasi. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada
kartu contoh.
4. Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat saling
memberi dan menerima materi masing-masing (take and give).
5. Untuk mengevaluasi keberhasilan berikan berikan
siswa pertanyaan yang tak sesuai dengan kartunya (kartu orang lain).
6. Strategi ini dapat dimodifikasi sesuai keadaan
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
26
|
Consept
sentence
|
1. Guru menyampaikan kompentensi yang ingin dicapai.
2. Guru menyajikan materi secukupnya.
3. Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang
secara heterogen.
4. Guru menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi
yang disajikan.
5. Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat
dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat.
6. Hasil diskusi kelompok didiskusikan kembali secara
pleno yang dipandu oleh guru
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
27
|
Complette
sentence
|
1. Guru menyampaikan materi secukupnya atau siswa
disuruh membacakan buku atau modul dengan waktu secukupnya
2. Guru membentuk kelompok 2 atau 3 orang secara
heterogen
3. Guru membagikan lembar kerja berupa paragraf yang
kalimatnya belum lengkap (lihat contoh).
4. Siswa berdiskusi untuk melengkapi kalimat dengan
kunci jawaban yang tersedia.
5. Siswa berdiskusi secara berkelompok
6. Setelah jawaban didiskusikan, jawaban yang salah
diperbaiki. Tiap peserta membaca sampai mengerti atau hapal
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
28
|
Time
token arend
|
1. Kondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative
learning / cl)
2. Tiap siswa diberi kupon berbicara dengan waktu ± 30
detik. Tiap siswa diberi sejumlah nilai sesuai waktu yang digunakan.
3. Bila telah selesai bicara kopon yang dipegang siswa
diserahkan. Setiap bebicara satu kupon.
4. Siswa yang telah habis kuponnya tak boleh bicara
lagi. Yang masih pegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis.
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
29
|
Keliling
kelompok
|
1. Salah satu siswa dalam masing-masing kelompok
menilai dengan memberikan pandangan dan pemikirannya mengenai tugas yang
sedang mereka kerjakan
2. Siswa berikutnya juga ikut memberikan
kontribusinya
3. Demikian seterusnya giliran bicara bisa
dilaksanakan arah perputaran jarum jam atau dari kiri ke kanan
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
30
|
Tari
bambu
|
1. Separuh kelas atau seperempat jika jumlah siswa
terlalu banyak berdiri berjajar . Jika ada cukup ruang mereka bisa berjajar
di depan kelas. Kemungkinan lain adalah siswa berjajar di sela-sela deretan
bangku. Cara yang kedua ini akan memudahkan pembentukan kelompok karena
diperlukan waktu relatif singkat.
2. Separuh kelas lainnya berjajar dan menghadap jajaran
yang pertama
3. Dua siswa yang berpasangan dari kedua jajaran
berbagi sinformasi.
4. Kemudian satu atau dua siswa yang berdiri di ujung
salah satu jajaran pindah ke ujung lainnya di jajarannya. Jajaran ini
kemudian bergeser. Dengan cara ini masing-masing siswa mendapat pasangan yang
baru untuk berbagi. Pergeseran bisa dilakukan terus sesuai dengan
kebutuhan
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
31
|
Dua
tinggal dua tamu
|
1. Siswa bekerja sama dalam kelompok yang berjumlah 4
(empat) orang
2. Setelah selesai, dua orang dari masing-masing
menjadi tamu kedua kelompok yang lain
3. Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas
membagikan hasil kerja dan informasi ke tamu mereka
4. Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka
sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain
5. Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka
|
PPT
model-model pembelajaran yang efektif
|
|
32
|
Bisik
berantai,
|
1. Guru
menyampaikan materi ajar
2. Siswa
diminta untuk berbaris melingkar tanpa putus
3. Guru
memberikan kalimat yang berhubungan dengan materi lalu dibisikan kepada salah
satu siswa
4. Siswa
yang menerima informasi materi tersebut menyampaikannya lagi kepada teman
yang sebalahnya
5. Lakukankah
hal tersebut sampai kepada orang terakhir yang menerima informasi tersebut
|
Http://www.wirahadie.com/2015/04/pembelajaran-aktif-inovatif-kreatif-efektif-menyenangkan.html
|
|
33
|
Lihat dan
katakan,
|
1. Guru
menyampaikan materi ajar
2. Siswa diminta untuk berpasangan
3. Secara
bergiliran siswa maju ke depan kelas
4. Siswa
yang satu mengingat materi yang telah disampaikan tadi oleh guru, kemudian
memperagakan tentang materi tersebut
5. Teman
pasangannya mengamati gerakan dari yang diperagakan teman psangannya
6. Setelah
mengetahui maksud dari gerakan itu, lalu siswa menebak maksud dari gerakan
itu.
|
Http://www.wirahadie.com/2015/04/pembelajaran-aktif-inovatif-kreatif-efektif-menyenangkan.html
|
|
34
|
Operasi
hitungan dengan kartu,
|
1. Guru
membagi siswa kedalam 5 kelompok masing-masing kelompok berisi 5-8 orang
2. Lalu
guru memberikan kartu yang berisi nomor secara acak
3. Guru
mengklasifikasikan beberapa nomor yang diberi tugas untuk membacakan materi
4. Tim
yang lainnya ada yang bertugas menunjuk temannya secara acak
5. Bagi
siswa yang terpilih oleh temannya tadi wajib menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, berkaitan dengan
materi yang susdah dibacakan tadi oleh temannya
|
Http://www.wirahadie.com/2015/04/pembelajaran-aktif-inovatif-kreatif-efektif-menyenangkan.html
|
|
35
|
Permainan
monopoli pembelajaran.
|
1. Guru
menyiapkan permainan monopoli yang setiap kotaknya diganti dengan tema dari
pembahasan
2. Guru
membentuk kelompok besar, yang terdiri dari 2 kelompok saja.
3. Murid
dipandu guru memainkannya secara bersama
4. Bagi
kelompok yang menempati kotak dari lawannya, wajib menyebutkan dan menjawab
pertanyaan yang ada pada kolom monopoli itu.
|
Http://www.wirahadie.com/2015/04/pembelajaran-aktif-inovatif-kreatif-efektif-menyenangkan.html
|
|
36
|
Team-assisted individualization (tai)
|
1. Guru
membentuk siswa ke dalam beberapa kelompok kecil.
2. Guru
memberikan pre-test kepada semua siswa
3. Guru
memberikan materi ajar
4. Siswa
diminta untuk mendiskusikan materi yang telah disampaikan secara kelompok
5. Laporan
tentang hasil diskusi kelompok dibuat secara mandiri oleh setiap siswa.
|
Http://ainamulyana.blogspot.co.id/2012/02/model-pembelajaran-kooperatif-tife-team.html
|
|
37
|
Pemberian tugas (resitasi)
|
1. guru menyampaikan materi berdasarkan bahan
ajar
2. Guru
membagikan tugas kepada setiap siswa dengan berbeda-beda pembahasan
3. Siswa
diminta membuat bagan
|
Http://ainamulyana.blogspot.co.id/2012/01/pengertian-metode-pembelaaran-dan.html
|
|
38
|
Metode karyawisata
|
1. Sekolah
mengadakan kegiatan karya wisata
2. Tempat
yang dituju disesuaikan dengan pelajaran
3. Siswa
diminta untuk mengamati nilai-nilai yang ada pada tempat tersebut
4. Masing-masing
dari siswa diminta untuk membuat laporan terkait hasil pengamatan dari karya
wisata tersebut
|
Http://ainamulyana.blogspot.co.id/2012/01/pengertian-metode-pembelaaran-dan.html
|
|
39
|
Metode sosiodrama
|
1. Guru
menyampaikan materi ajar
2. Siswa
dibagi kedalam beberapa kelompok
3. Guru
membagikan materi kepada stiap kelompok untuk dibuat dijadikan drama
(misalnya tentantang zakat)
4. Siswa
secara berkelompok memainkan drama di depan kelas secara bergantian dengan
tema yang berbeda-beda
|
Http://ainamulyana.blogspot.co.id/2012/01/pengertian-metode-pembelaaran-dan.html
|
|
40
|
Metode simulasi
|
1. Siswa
dengan teman sebangku berdiskusi tentang materi ajar
2. Guru
meminta siswa secara begantian untuk membacakan teori dan teman pasangannya
mempraktekan gerakan dari teori tersebut.(misalnya tentang wudhu dan sholat)
|
Http://ainamulyana.blogspot.co.id/2012/01/pengertian-metode-pembelaaran-dan.html
|
|
41
|
Course review horay
|
1.
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.
Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3.
Memberikan kesempatan siswa tanya jawab
4.
Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak
9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan
seler masing-masing siswa
5.
Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis
jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung
didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar () dan salan diisi
tanda silang (x)
6.
Siswa yang sudah mendapat tanda vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak
horay … atau yel-yel lainnya
7.
Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay
yang diperoleh
|
Https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/19/model-pembelajaran/
|
|
42
|
Explicit instruction/pengajaran langsung
|
1.
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
2.
Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
3.
Membimbing pelatihan
4.
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
5.
Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan
|
Https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/19/model-pembelajaran/
|
|
43
|
Cooperative integrated reading and
composition (circ)
|
1.
Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang
secara heterogen
2.
Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik
pembelajaran
3.
Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan
ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar
kertas
4.
Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
5.
Guru membuat kesimpulan bersama
|
Https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/19/model-pembelajaran/
|
|
44
|
Cue cards
|
1. Guru
membagi secara berpasangan
2. Guru
menyiapkan beberapa lembar kartu yang berisikan kosakata tentang materi ajar
3. Guru
membagikan kartu tersebut kepada siswa yang berpasangan tersebut
4. Siswa
secara berpasangan mendiskusikan kosakata yang ada pada kartu
5. Siswa
secara bergantian untuk mempresentasikan hasil diskusi tersebut
|
Https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/19/model-pembelajaran/
|
|
45
|
Iklan
Televisi
|
1.
Buat kelompok masing-masing
beranggota 6 orang
2.
Perintahkan setiap tim untuk
membuat iklan seperti di televisi, berhubungan dengan materi ajar yang
dibahas
3.
Buat slogan iklan mengambil katanya
dari materi ajar
|
|
|
46
|
Tim
Pendengar
|
1.
Guru membagi siswa menjadi 4 tim
2.
Tiap tim terdiri dari penanya,
penyetuju, pembantah dan pemberi contoh
3.
Lalu guru menyampaikan materi
yang berbasis permasalahan
4.
Masing-masing dari kelompok maju
ke depan untuk membahas permasalah dari materi tersebut sesuai dengan tugas
masing-masing
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar