Sabtu, 18 Maret 2017

IDENTIFIKASI METODE PEMBELAJARAN

 IDENTIFIKASI METODE

NO
NAMA METODE
LANGKAH RINGKAS
RUJUKAN
1
Examples non examples

1.    Guru menyiapkan gambar dalam bentuk slide/gambar di karton
2.    Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mengamati gambar
3.    Guru meminta siswa untuk mendiskusikan tentang makna gambar tersebut.
4.    Setelah mengamati gambar tersebut, tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
PPT model-model pembelajaran yang efektif
2
Picture and picture

1.    Guru memanggil siswa secara bergantian/perkelompok untuk mnegurutkan gambar-gambar yang sudah disiapkan oleh guru.
2.    Siswa diminta membuat deskripsi tentang urutan gambar tersebut.
PPT model-model pembelajaran yang efektif
3
Numbered heads together

1.    Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil dan membagikan kertas berisikan nomor
2.    Guru memberi tugas dan meminta pada tiap kelompok untuk mendikusikannya
3.    Guru memanggil salah satu nomor yang telah dibagikan kepada siswa
4.    Bagi yang dipanggil nomornya diharapkan untuk mempresentasikan hasil diskusinya
PPT model-model pembelajaran yang efektif
4
Cooperative script

1.    Guru membagi siswa berpasangan
2.    Guru membagi materi kepada siswa untuk diringkas
3.    Guru meminta siswa secara bergantian untuk mmebacakan hasil ringkasannya
PPT model-model pembelajaran yang efektif
5
Kepala bernomor struktur

1.    Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok
2.    Tiap siswa dari kelompok mendapatkan nomor
3.    Penugasan terhadap siswa berdasarkan kepada nomor yang sudah didapat
4.    Tuga yang dilakukan secara bekerjasama dengan kelompoknya, misalnya ada yang bertugas mendengarkan, mencatat, bertanya dan mempresentasikan
PPT model-model pembelajaran yang efektif
6
Jigsaw
1.    Siswa dikelompokan ke dalam 4 anggota tim
2.    Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
3.    Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
4.    Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
5.    Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
6.    Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi

PPT model-model pembelajaran yang efektif
7
Problem based introduction (pbi)

1.    Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
2.    Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
3.    Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.

PPT model-model pembelajaran yang efektif
8
Artikulasi
1.    Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.    Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
3.    Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
4.    Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya
5.    Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
6.    Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa

PPT model-model pembelajaran yang efektif
9
Mind mapping
1.    Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa dan sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
2.    Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
3.    Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
4.    Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
5.    Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru

PPT model-model pembelajaran yang efektif
10
Make-a match
1.    Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
2.    Setiap siswa mendapat satu buah kartu
3.    Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
4.    Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
5.    Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
6.    Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya

PPT model-model pembelajaran yang efektif
11
Think pair and share
1.    Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
2.    Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
3.    Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
4.    Berawal dari kegiatan tersebut, guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa

PPT model-model pembelajaran yang efektif
12
Debate
1.    Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yang lainnya kontra
2.    Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas
3.    Setelah selesai membaca materi, guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu, kemudian ditanggapi oleh kelompok kontra. Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
4.    Sementara siswa menyampaikan gagasannya, guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan sampai mendapatkan sejumlah ide diharapkan.

PPT model-model pembelajaran yang efektif
13
Role playing
1.    Guru menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dalam waktu beberapa hari sebelum kbm
2.    Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
3.    Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
4.    Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
5.    Masing-masing siswa berada di kelompoknya sambil mengamati skenario yang sedang diperagakan
6.    Setelah selesai ditampilkan, masing-masing siswa diberikan lembar kerja untuk membahas penampilan masing-masing kelompok.
7.    Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya

PPT model-model pembelajaran yang efektif
14
Grup investigation
1.    Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok heterogen
2.    Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
3.    Guru memanggil ketua kelompok dan setiap kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
4.    Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif  yang bersifat penemuan
5.    Setelah selesai diskusi, juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok

PPT model-model pembelajaran yang efektif
15
Talking stik
1.    Guru menyiapkan sebuah tongkat
2.    Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi.
3.    Setelah selesai membaca materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, siswa menutup bukunya.
4.    Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya

PPT model-model pembelajaran yang efektif
16
Bertukar pasangan
1.    Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru bisa menunjuk pasangannya atau siswa memilih sendiri pasangannya).
2.    Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya.
3.    Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain.
4.    Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan, kemudian pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mencari kepastian jawaban mereka.
5.    Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula.

PPT model-model pembelajaran yang efektif
17
Snowball throwing
1.    Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
2.    Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
3.    Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
4.    Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
5.    Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
6.    Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
PPT model-model pembelajaran yang efektif
18
Student facilitator and explaining

1.    Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.    Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3.    Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya misalnya melalui bagan/peta konsep.
4.    Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa

19
Demonstration
1.    Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.    Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan
3.    Menyiapkan bahan atau alat yang diperlukan
4.    Menunjuk salah seorang siswa untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan.
5.    Seluruh siswa memperhatikan demontrasi dan menganalisanya.
6.    Tiap siswa mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa didemontrasikan
PPT model-model pembelajaran yang efektif
20
Cooperative integrated reading
And composition (circ)

1.    Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen
2.    Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
3.    Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas
4.    Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
5.    Guru membuat kesimpulan bersama
PPT model-model pembelajaran yang efektif
21
Inside-outside-circle

1.    Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar
2.    Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam
3.    Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
4.    Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.

PPT model-model pembelajaran yang efektif
22
Tebak kata
1.    Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai atau materi ± 45 menit.
2.    Guru menyuruh siswa berdiri berpasangan di depan kelas
3.    Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10x10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu yang berukuran 5x2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga
4.    Sementara siswa membawa kartu 10x10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10x10 cm. Jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.
5.    Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya
PPT model-model pembelajaran yang efektif
23
Word square
1.    Guru menyampaikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
2.    Guru membagikan lembaran kegiatan sesuai contoh
3.    Siswa menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
4.    Berikan poin setiap jawaban dalam kotak

PPT model-model pembelajaran yang efektif
24
Scramble
1.    Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
2.    Buat jawaban yang diacak hurufnya
3.    Intruksikan siswa untuk memasangkan antara pertanyaan dengan jawaban yang tepat.

PPT model-model pembelajaran yang efektif
25
Take and give
1.    Jelaskan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai
2.    Untuk memantapkan penguasaan peserta tiap siswa diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) lebih kurang 5 menit
3.    Semua siswa disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasi. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu contoh.
4.    Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing (take and give).
5.    Untuk mengevaluasi keberhasilan berikan berikan siswa pertanyaan yang tak sesuai dengan kartunya (kartu orang lain).
6.    Strategi ini dapat dimodifikasi sesuai keadaan

PPT model-model pembelajaran yang efektif
26
Consept sentence
1.    Guru menyampaikan kompentensi yang ingin dicapai.
2.    Guru menyajikan materi secukupnya.
3.    Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang secara heterogen.
4.    Guru menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan.
5.    Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat.
6.    Hasil diskusi kelompok didiskusikan kembali secara pleno yang dipandu oleh guru

PPT model-model pembelajaran yang efektif
27
Complette sentence
1.    Guru menyampaikan materi secukupnya atau siswa disuruh membacakan buku atau modul dengan waktu secukupnya
2.    Guru membentuk kelompok 2 atau 3 orang secara heterogen
3.    Guru membagikan lembar kerja berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap (lihat contoh).
4.    Siswa berdiskusi untuk melengkapi kalimat dengan kunci jawaban yang tersedia.
5.    Siswa berdiskusi secara berkelompok
6.    Setelah jawaban didiskusikan, jawaban yang salah diperbaiki. Tiap peserta membaca sampai mengerti atau hapal

PPT model-model pembelajaran yang efektif
28
Time token arend
1.    Kondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning / cl)
2.    Tiap siswa diberi kupon berbicara dengan waktu ± 30 detik. Tiap siswa diberi sejumlah nilai sesuai waktu yang digunakan.
3.    Bila telah selesai bicara kopon yang dipegang siswa diserahkan. Setiap bebicara satu kupon.
4.    Siswa yang telah habis kuponnya tak boleh bicara lagi. Yang masih pegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis.

PPT model-model pembelajaran yang efektif
29
Keliling kelompok
1. Salah satu siswa dalam masing-masing kelompok menilai dengan memberikan pandangan dan pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan
2.  Siswa berikutnya juga ikut memberikan kontribusinya
3.  Demikian seterusnya giliran bicara bisa dilaksanakan arah perputaran jarum jam atau dari kiri ke kanan

PPT model-model pembelajaran yang efektif
30
Tari bambu
1.    Separuh kelas atau seperempat jika jumlah siswa terlalu banyak berdiri berjajar . Jika ada cukup ruang mereka bisa berjajar di depan kelas. Kemungkinan lain adalah siswa berjajar di sela-sela deretan bangku. Cara yang kedua ini akan memudahkan pembentukan kelompok karena diperlukan waktu relatif singkat.
2.    Separuh kelas lainnya berjajar dan menghadap jajaran yang pertama
3.    Dua siswa yang berpasangan dari kedua jajaran berbagi sinformasi.
4.    Kemudian satu atau dua siswa yang berdiri di ujung salah satu jajaran pindah ke ujung lainnya di jajarannya. Jajaran ini kemudian bergeser. Dengan cara ini masing-masing siswa mendapat pasangan yang baru untuk berbagi. Pergeseran bisa dilakukan terus sesuai dengan kebutuhan  

PPT model-model pembelajaran yang efektif
31
Dua tinggal dua tamu
1.    Siswa bekerja sama dalam kelompok yang berjumlah 4 (empat) orang
2.    Setelah selesai, dua orang dari masing-masing menjadi tamu kedua kelompok yang lain
3.    Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi ke tamu mereka
4.    Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain
5.    Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka

PPT model-model pembelajaran yang efektif
32
Bisik berantai,

1.      Guru menyampaikan materi ajar
2.      Siswa diminta untuk berbaris melingkar tanpa putus
3.      Guru memberikan kalimat yang berhubungan dengan materi lalu dibisikan kepada salah satu siswa
4.      Siswa yang menerima informasi materi tersebut menyampaikannya lagi kepada teman yang sebalahnya
5.      Lakukankah hal tersebut sampai kepada orang terakhir yang menerima informasi tersebut

Http://www.wirahadie.com/2015/04/pembelajaran-aktif-inovatif-kreatif-efektif-menyenangkan.html
33
Lihat dan katakan,

1.      Guru menyampaikan materi ajar
2.       Siswa diminta untuk berpasangan
3.      Secara bergiliran siswa maju ke depan kelas
4.      Siswa yang satu mengingat materi yang telah disampaikan tadi oleh guru, kemudian memperagakan tentang materi tersebut
5.      Teman pasangannya mengamati gerakan dari yang diperagakan teman psangannya
6.      Setelah mengetahui maksud dari gerakan itu, lalu siswa menebak maksud dari gerakan itu.
Http://www.wirahadie.com/2015/04/pembelajaran-aktif-inovatif-kreatif-efektif-menyenangkan.html
34
Operasi hitungan dengan kartu,

1.      Guru membagi siswa kedalam 5 kelompok masing-masing kelompok berisi 5-8 orang
2.      Lalu guru memberikan kartu yang berisi nomor secara acak
3.      Guru mengklasifikasikan beberapa nomor yang diberi tugas untuk membacakan materi
4.      Tim yang lainnya ada yang bertugas menunjuk temannya  secara acak
5.      Bagi siswa yang terpilih oleh temannya tadi wajib menjawab pertanyaan  yang diajukan oleh guru, berkaitan dengan materi yang susdah dibacakan tadi oleh temannya
Http://www.wirahadie.com/2015/04/pembelajaran-aktif-inovatif-kreatif-efektif-menyenangkan.html
35
Permainan monopoli pembelajaran.

1.      Guru menyiapkan permainan monopoli yang setiap kotaknya diganti dengan tema dari pembahasan
2.      Guru membentuk kelompok besar, yang terdiri dari 2 kelompok saja.
3.      Murid dipandu guru memainkannya secara bersama
4.      Bagi kelompok yang menempati kotak dari lawannya, wajib menyebutkan dan menjawab pertanyaan yang ada pada kolom monopoli itu.
Http://www.wirahadie.com/2015/04/pembelajaran-aktif-inovatif-kreatif-efektif-menyenangkan.html
36
Team-assisted individualization (tai)
1.    Guru membentuk siswa ke dalam beberapa kelompok kecil.
2.    Guru memberikan pre-test kepada semua siswa
3.    Guru memberikan materi ajar
4.    Siswa diminta untuk mendiskusikan materi yang telah disampaikan secara kelompok
5.    Laporan tentang hasil diskusi kelompok dibuat secara mandiri oleh setiap siswa.

Http://ainamulyana.blogspot.co.id/2012/02/model-pembelajaran-kooperatif-tife-team.html
37
Pemberian tugas (resitasi) 
1.     guru menyampaikan materi berdasarkan bahan ajar
2.    Guru membagikan tugas kepada setiap siswa dengan berbeda-beda pembahasan
3.    Siswa diminta membuat bagan
Http://ainamulyana.blogspot.co.id/2012/01/pengertian-metode-pembelaaran-dan.html
38
Metode karyawisata
1.    Sekolah mengadakan kegiatan karya wisata
2.    Tempat yang dituju disesuaikan dengan pelajaran
3.    Siswa diminta untuk mengamati nilai-nilai yang ada pada tempat tersebut
4.    Masing-masing dari siswa diminta untuk membuat laporan terkait hasil pengamatan dari karya wisata tersebut

Http://ainamulyana.blogspot.co.id/2012/01/pengertian-metode-pembelaaran-dan.html
39
Metode sosiodrama 
1.    Guru menyampaikan materi ajar
2.    Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok
3.    Guru membagikan materi kepada stiap kelompok untuk dibuat dijadikan drama (misalnya tentantang zakat)
4.    Siswa secara berkelompok memainkan drama di depan kelas secara bergantian dengan tema yang berbeda-beda

Http://ainamulyana.blogspot.co.id/2012/01/pengertian-metode-pembelaaran-dan.html
40
Metode simulasi
1.    Siswa dengan teman sebangku berdiskusi tentang materi ajar
2.    Guru meminta siswa secara begantian untuk membacakan teori dan teman pasangannya mempraktekan gerakan dari teori tersebut.(misalnya tentang wudhu dan sholat)

Http://ainamulyana.blogspot.co.id/2012/01/pengertian-metode-pembelaaran-dan.html
41
Course review horay
1.    Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.    Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3.    Memberikan kesempatan siswa tanya jawab
4.    Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan seler masing-masing siswa
5.    Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar () dan salan diisi tanda silang (x)
6.    Siswa yang sudah mendapat tanda vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya
7.    Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh

Https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/19/model-pembelajaran/
42
Explicit instruction/pengajaran langsung
1.    Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
2.    Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
3.    Membimbing pelatihan
4.    Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
5.    Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan

Https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/19/model-pembelajaran/
43
Cooperative integrated reading and composition (circ)
1.    Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen
2.    Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
3.    Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas
4.    Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
5.    Guru membuat kesimpulan bersama

Https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/19/model-pembelajaran/
44
Cue cards
1.    Guru membagi secara berpasangan
2.    Guru menyiapkan beberapa lembar kartu yang berisikan kosakata tentang materi ajar
3.    Guru membagikan kartu tersebut kepada siswa yang berpasangan tersebut
4.    Siswa secara berpasangan mendiskusikan kosakata yang ada pada kartu
5.    Siswa secara bergantian untuk mempresentasikan hasil diskusi tersebut

Https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/19/model-pembelajaran/
45
Iklan Televisi
1.      Buat kelompok masing-masing beranggota 6 orang
2.      Perintahkan setiap tim untuk membuat iklan seperti di televisi, berhubungan dengan materi ajar yang dibahas
3.      Buat slogan iklan mengambil katanya dari materi ajar

46
Tim Pendengar
1.      Guru membagi siswa menjadi 4 tim
2.      Tiap tim terdiri dari penanya, penyetuju, pembantah dan pemberi contoh
3.      Lalu guru menyampaikan materi yang berbasis permasalahan
4.      Masing-masing dari kelompok maju ke depan untuk membahas permasalah dari materi tersebut sesuai dengan tugas masing-masing




Tidak ada komentar:

Posting Komentar