Sabtu, 18 Maret 2017

makalah Statistik Pendidikan

MAKALAH
 DATA DALAM PENDIDIKAN
Dosen Pengampu :Firdausi, S.Si, M.Pd



Disusun oleh :
Trisna Hargi Ramadianti                     11140110000069




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN SYARIF HIDAYATULLAH
2016


KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb
            Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah SWT Tuhan semesta alam beserta isinya yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya serta izin sehingga penulis dapat  menyelesaikan makalah mata kuliah Hadist dengan judul “Statistik Pendidikan
Selanjutnya penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Firdausi, S.Si, M.Pd, selaku dosen mata kuliah Statistik Pendidikan, yang telah menjadi pembimbing penulis dalam penulisan makalah ini.Penulis menyadari bahwa makalah yang penulis buat ini jauh dari sempurna, masih banyak kekurangan-kekurangan yang disebabkan oleh keterbatasan kemampuan dan pengetahuan penulis.Namun demikian, penulis telah berusaha sebaik-baiknya dalam menyelesaikan makalah ini.
Demikian kata pengantar ini penulis sampaikan, atas segala kesalahan dan kekurangan yang terdapat di dalam makalah ini penulis mohon maaf. Penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi diri penulis khususnya dan pihak lain pada umumnya.
Wassalamualaikum Wr.Wb


Jakarta, 20 Maret 2016







i
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR...........            ..............................................................................................i
DAFTAR ISI  ...…………….........…………..................…………………………...........ii
BAB I PENDAHULUAN     …………………………………………………...................1
A.    Latar belakang            …………………………………………………...............................1
B.     Rumusan Masalah......................................................................................................1
C.     Tujuan  ....................................................………………………………….……....1           
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Statistik...................................................................................................2
B.     Pengertian Data.......................................................................................................2-3
C.     Jenis-Jenis Data......................................................................................................3-4
D.    Fungsi Data...............................................................................................................4
E.     Kegunaan Dalam Pendidikan.....................................................................................5
BAB III PENTUP
A.     Kesimpulan    ............................................................................................................6
B.     Saran .........................................................................................................................6
DAFTAR PUSTAKA






ii
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang           
Penggunaan Statistika sudah dikenal sebelum abad 18, pada saat itu negara-negara Babilon, Mesir dan Roma mengeluarkan catatn tentang nama, usia, jenis kelamin, pekerjaan dan jumlah anggota keluarga.Kemudian pada tahun 1500, pemerintah Inggris mengeluarkan catatan tentang kematian dan tahun 1662, dikembangkan catatan tentang kelahiran dan kematian.Baru pada tahun 1772-1791, G.Achenwall menggunakan istilah Statistika dalam bukunya Statistical Account of Scotland.Tahun 1981-1935 R.Fisher mengenalkan analisa varians dalam literatur statistiknya.
Di Indonesia Pengantar Statistika telah dicantumkan dalam kurikulum matematika Sekolah Dasar sejak tahun 1975. Hal itu disebabkan karena sekitar lingkungan kita berada selalu berkaitan dengan Statistik.Pentingnya data dalam suatu penelitian membuat peran data menjadi sangat penting.Baik tidaknya penelitian berawal dari baik tidaknya sumber data yang didapatkan.Sangatlah penting data data yang objektif demi mendapatkan hasil penelitian yang benar.Dalam pencarian data pun memilikiperan yang penting,karena sumber data yang didapatkan harus dihasilkan dari proses yang baik pula.
           
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan statistika?
2.      Apa yang dimaksud dengan data?
3.      Apa saja jenis-jenis data?
4.      Apa fungsi data dalam pendidikan?
C.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui secara umum apa yang dimaksud statistika
2.      Untuk mengerti apa yang dimaksud data
3.      Untuk mengetahui jenis data
4.      Untuk mengetahui fungsi data dalam pendidikan

1
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Statistik
Secara etimologis kata statistik berasal dari kata status (bahasa latin) atau kata staat  (bahasa belanda), dalam bahasa Indonesia kata tersebut diterjemahkan menjadi negara.Pada awalnya, kata “statistik” diartikan sebagai “kumpulan bahan keterangan (data) baik berwujud angka (data kuantitatif) maupun data yang tidak berwujud  (data kualitatif) yang mempunyai arti penting dan kegunaan besar bagi suatu negara.Namun pada perkembangan selanjutnya, arti statistik hanya dibatasi pada “kumpulan bahan keterangan yang berwujud angka (data kuantitatif ) saja, bahan keterangan yang tidak berwujud angka (data kualitatif)tidak lagi disebut statistik.
           Dalam kamus Bahasa Indonesia, statistik diartikan dalam dua arti : Pertama, statistik sebagai “ilmu statistik” dan kedua, statistik ‘diartikan sebagai “ukuran yang diperoleh atau berasal dari sampel,”yaitu sebagai lawan dari kata “parameter” yang berarti “ukuran yang diperoleh atau berasal dari populasi”.

B.     Pengertian Data[1]
Data adalah bentuk jamak dari datum. Data merupakan keterangan-keterangan tentang suatu hal, dapat berupa yang diketahui atau yang dianggap atau anggapan. Data adalah sejumlah informasi yang dapat memberikan gambaran tentang suatu gambaran atau masalah ,baik yang berupa angka-angka (golongan) maupun bentuk katagori,seperti: baik, buruk, tinggi, rendah dan sebagainya. Seorang peneliti atau pemimpin sebuah instasi selalu membutuhkan data untuk dijadikan landasan objektif dalam membuat suatu keputusan atau menarik kesimpulan dari penelitiannya.
Dalam menarik suatu kesimoulan atau membuat suatu keputusan, seorang peneliti memerlukan data yang benar.Apabila data yang salah digunakan untuk

3
membuat keputusan, keputusan yang dihasilkan menjadi tidak tepat atau dengan kata lain bahwa data yang salah akan menyesatkan.
Agar tidak terjadi kesalahan yang mengakibatkan kerugian besar, data yang baik harus memenuhi bebrapa persyaratan berikut ini:
1.      Objektif : Data yang diperoleh dari hasil penelitian harus menggambarkan keadaan sebenarnya.
2.      Relevan : Data yang diperolah harus ada kaitannya dengan permasalahan yang akan diteliti.
3.      Sesuai Zaman (Up To Date) :Data tidak boleh tertinggal zaman (usang) sebab adnya perkembangan waktu dan teknologi menyebabkan suatu kejadian dapat mengalami perubahan dengan cepat.
4.      Representatif : Data yang diperoleh dari hasil penelitian sampel harus memiliki atau menggambarkan keadaan populasinya.
5.      Dapat Dipercaya : Sumber data (narasumber) harus diperoleh dari sumber yang tepat.
C.     Jenis-Jenis Data[2]
Data adalah ukuran dari variabel.Data diperoleh dengan mengukur nilai satu atau lebih variabel dalam sampel (atau populasi).  
1.      Menurut Sifatnya
a)      Data Kualitatif : data yang tidak berbentuk angka.
b)      Data Kuantitatif : data yang berbentuk bilangan (angka)
a.       Data Kotinu : dimana angka-angkanya sambung-menyambung.
b.      Data Diskrit : merupakan data bilangan bulat dan bukan pecahan.
2.      Berdasarkan Cara Menyusun Angka
a)      Dataa Nominal : penyusunan angkanya berdasarkan klasifikasi penggolongan tertentu
4
b)      Data Ordinal : dimana penyusunan angkanya berdasarkan urutan atau kedudukan.
c)      Data Interval : data statistik yang mempunyai jarak yang sama terhdap hal-hal yang diteliti.
3.      Menurut Bentuk Angkanya
a)      Data Tunggal : data yang angkanya beridir sendiri atau data yang tidak dikelompokan serta tidak tergantung terhadap data lainnya.
b)      Data Kelompok : dimana setiap unitnya terdiridari sekelompok angka yang saling melengkapi
4.      Berdasarkan Sumber
a)      Data Primer : data yang diperoleh atau bersumber dari tangan pertama yaitu sumber yang memang benar mewakili atau yang berhak memberikan informasi data.
b)      Data Sekunder : data yang diperoleh atau bersumber dari tangan kedua atau diperoleh bukan dari sumbernya langsung.
5.      Berdasarkan Waktu Pengumpulnya
a)      Data Seketika : yang mencerminkan keadaan pada suatu ketika saja.
b)      Data Urutan Waktu : yang mencerminkan keadaan dari waktu ke waktu secara berurutan.
D.    Fungsi Data
Kemajuan atau perkembangan anak didik setelah menempuh proses pendidikan dalam jangka waktu tertentu sebenarnya yang bersifat kualitatif, akan tetapi diubah menjadi data yang bersifat kuantitatif karena dalam kegiatan penilaian hasil pendidikan cara  yang paling umum adalah dengan menggunakan data kuantitatif. Maka tidak perlu diragukan lagi bahwa statistik yang berupa data mempunyai fungsi sangat penting sebagai alat bantu, yaitu untuk memperoleh, menganalisis dan menyimpulkan data dari hasil yang telah dicapai.
Selain itu juga dalam ilmu pengetahuan akan dapat menyajikan data-data dalam bentuk angka-angka, sehingga diperlikan statistik dalam menafsirkan dan menyimpulkan data tersebut.
5
E.     Kegunaan Dalam Pendidikan
Telah dijelaskan bahwa istilah statistik dapat diberi pengertian sebagai data statistik.Statistik berkaitan erat dengan pemanfaatan data.Ada berbagai jenis pengelompokan data, salah satunya adalah kategori data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif mengacu pada angka seperti, jumlah penduduk, tingkat pertumbuhan ekonomi dan sebagainya.Sedangkan data kualitatif mengacu pada yang bukan angka, seperti agama, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan sebagainya.
Data yang ditemukan atau dianalisis dalam dunia pendidikan biasanya berupa :
1.      Prestasi siswa
2.      Data yang berkaitan dengan keadaan anak didik
3.      Data tentang pendidik , tenaga pendidik, prgawai dan lulusannya
4.      Data tentang anggaran pendidikan
5.      Data tentang kepustakaan, administratif dan perlengkapan
Prinsip pengumpulan data statistik pendidikan diantaranya[3] :
1.    Lengkap datanya : lengkap disini mengandung perngertian bahwa volume data sebagaimana yang direncanakan dan dapat dicapai dengan sebaik-baiknya.
2.    Tepatnya data : tepatnya dalam hail jenis, waktu pengumpulannya, kegunaan dan alat untuk menghimpun data.
3.    Kebenaran data yang dihimpun : merupakan data yang bersumber dari pihak yang benar.




BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Secara etimologis kata statistik berasal dari kata status (bahasa latin) atau kata staat  (bahasa belanda), dalam bahasa Indonesia kata tersebut diterjemahkan menjadi negara.Pada awalnya, kata “statistik” diartikan sebagai “kumpulan bahan keterangan (data) baik berwujud angka (data kuantitatif) maupun data yang tidak berwujud  (data kualitatif) yang mempunyai arti penting dan kegunaan besar bagi suatu negara.
Data adalah bentuk jamak dari datum. Data merupakan keterangan-keterangan tentang suatu hal, dapat berupa yang diketahui atau yang dianggap atau anggapan. Data adalah sejumlah informasi yang dapat memberikan gambaran tentang suatu gambaran atau masalah ,baik yang berupa angka-angka (golongan) maupun bentuk katagori,seperti: baik, buruk, tinggi, rendah dan sebagainya.
Adapun Jenis-Jenis Data,diantaranya:
1.    Menurut Sifatnya
2.    Berdasarkan Cara Menyusun Angka
3.    Menurut Bentuk Angkanya
4.    Berdasarkan Sumber
5.    Berdasarkan Waktu Pengumpulnya

B.     Saran
Adapun saran yang penulis sampaikan adalah agara pembaca dapat menggunakan pemecahan masalah secara statistik, terutama dalam  bidang pendidikan.Data yang baik tentu saja harus mutakhir (terpercaya) dan cocok dengan masalah penelitian dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan.



6
DAFTAR PUSTAKA

Moersetyo ,Subana dan Rahardi. 2000.  Statistik Pendidikan. (Bandung:Pustaka Setia)
Supardi ,Darwyan Syah, dan Abd.Aziz Hasibuan. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan,Cet 4, (Jakarta:Gaung Persada)
Suprapto dan Johanes. 2008. Statistika:Teori Dan Aplikasi, jilid I, (Jakarta:PT Erlangga)



[1] Subana, Moersetyo dan Rahardi,  Statistik Pendidikan, (Bandung:Pustaka Setia, 2000), hal.19-20


2
[2] Darwyan Syah, Supardi dan Abd.Aziz Hasibuan, Pengantar Statistik Pendidikan,Cet 4, (Jakarta:Gaung Persada, 2009), Hal.10-11
[3] Johanes dan Suprapto, Statistika:Teori Dan Aplikasi, jilid I, (Jakarta:PT Erlangga,2008), Hal .53

Tidak ada komentar:

Posting Komentar