MAKALAH
DATA
DALAM PENDIDIKAN
Dosen Pengampu :Firdausi, S.Si,
M.Pd
Disusun oleh :
Trisna Hargi Ramadianti 11140110000069
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS
ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN
SYARIF HIDAYATULLAH
2016
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah SWT Tuhan
semesta alam beserta isinya yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya serta
izin sehingga penulis dapat menyelesaikan
makalah mata kuliah Hadist dengan judul “Statistik Pendidikan”
Selanjutnya penulis ingin mengucapkan terima
kasih kepada Bapak Firdausi, S.Si,
M.Pd, selaku dosen mata
kuliah Statistik Pendidikan, yang telah menjadi pembimbing penulis dalam penulisan makalah
ini.Penulis menyadari bahwa makalah yang penulis buat ini jauh dari sempurna,
masih banyak kekurangan-kekurangan yang disebabkan oleh keterbatasan kemampuan
dan pengetahuan penulis.Namun demikian, penulis telah berusaha sebaik-baiknya
dalam menyelesaikan makalah ini.
Demikian
kata pengantar ini penulis sampaikan, atas segala kesalahan dan kekurangan yang
terdapat di dalam makalah ini penulis mohon maaf. Penulis berharap makalah ini
dapat bermanfaat bagi diri penulis khususnya dan pihak lain pada umumnya.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Jakarta,
20 Maret 2016
i
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR........... ..............................................................................................i
DAFTAR ISI ...…………….........…………..................…………………………...........ii
BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………...................1
A.
Latar belakang …………………………………………………...............................1
B.
Rumusan
Masalah......................................................................................................1
C.
Tujuan ....................................................………………………………….……....1
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengertian Statistik...................................................................................................2
B.
Pengertian Data.......................................................................................................2-3
C.
Jenis-Jenis Data......................................................................................................3-4
D.
Fungsi Data...............................................................................................................4
E.
Kegunaan Dalam Pendidikan.....................................................................................5
BAB III PENTUP
A.
Kesimpulan ............................................................................................................6
B.
Saran .........................................................................................................................6
DAFTAR PUSTAKA
ii
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Penggunaan Statistika sudah dikenal sebelum abad 18,
pada saat itu negara-negara Babilon, Mesir dan Roma mengeluarkan catatn tentang
nama, usia, jenis kelamin, pekerjaan dan jumlah anggota keluarga.Kemudian pada
tahun 1500, pemerintah Inggris mengeluarkan catatan tentang kematian dan tahun
1662, dikembangkan catatan tentang kelahiran dan kematian.Baru pada tahun
1772-1791, G.Achenwall menggunakan istilah Statistika dalam bukunya Statistical
Account of Scotland.Tahun 1981-1935 R.Fisher mengenalkan analisa varians dalam
literatur statistiknya.
Di Indonesia Pengantar Statistika telah dicantumkan
dalam kurikulum matematika Sekolah Dasar sejak tahun 1975. Hal itu disebabkan karena
sekitar lingkungan kita berada selalu berkaitan dengan Statistik.Pentingnya
data dalam suatu penelitian membuat peran data menjadi sangat penting.Baik
tidaknya penelitian berawal dari baik tidaknya sumber data yang
didapatkan.Sangatlah penting data data yang objektif demi mendapatkan hasil
penelitian yang benar.Dalam pencarian data pun memilikiperan yang penting,karena
sumber data yang didapatkan harus dihasilkan dari proses yang baik pula.
B.
Rumusan Masalah
1. Apa
yang dimaksud dengan statistika?
2. Apa
yang dimaksud dengan data?
3. Apa
saja jenis-jenis data?
4. Apa
fungsi data dalam pendidikan?
C.
Tujuan
1. Untuk
mengetahui secara umum apa yang dimaksud statistika
2. Untuk
mengerti apa yang dimaksud data
3. Untuk
mengetahui jenis data
4. Untuk
mengetahui fungsi data dalam pendidikan
1
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Statistik
Secara
etimologis kata statistik berasal dari kata status (bahasa latin) atau kata staat
(bahasa belanda), dalam bahasa Indonesia
kata tersebut diterjemahkan menjadi negara.Pada awalnya, kata “statistik”
diartikan sebagai “kumpulan bahan keterangan (data) baik berwujud angka (data
kuantitatif) maupun data yang tidak berwujud
(data kualitatif) yang mempunyai arti penting dan kegunaan besar bagi
suatu negara.Namun pada perkembangan selanjutnya, arti statistik hanya dibatasi
pada “kumpulan bahan keterangan yang berwujud angka (data kuantitatif ) saja,
bahan keterangan yang tidak berwujud angka (data kualitatif)tidak lagi disebut
statistik.
Dalam kamus Bahasa Indonesia,
statistik diartikan dalam dua arti : Pertama, statistik sebagai “ilmu
statistik” dan kedua, statistik ‘diartikan sebagai “ukuran yang diperoleh atau
berasal dari sampel,”yaitu sebagai lawan dari kata “parameter” yang berarti
“ukuran yang diperoleh atau berasal dari populasi”.
B.
Pengertian Data[1]
Data adalah bentuk jamak dari datum. Data merupakan
keterangan-keterangan tentang suatu hal, dapat berupa yang diketahui atau yang
dianggap atau anggapan. Data adalah sejumlah informasi yang dapat memberikan
gambaran tentang suatu gambaran atau masalah ,baik yang berupa angka-angka
(golongan) maupun bentuk katagori,seperti: baik, buruk, tinggi, rendah dan
sebagainya. Seorang peneliti atau pemimpin sebuah instasi selalu membutuhkan
data untuk dijadikan landasan objektif dalam membuat suatu keputusan atau
menarik kesimpulan dari penelitiannya.
Dalam menarik suatu kesimoulan atau membuat suatu
keputusan, seorang peneliti memerlukan data yang benar.Apabila data yang salah
digunakan untuk
3
membuat
keputusan, keputusan yang dihasilkan menjadi tidak tepat atau dengan kata lain
bahwa data yang salah akan menyesatkan.
Agar tidak terjadi kesalahan yang mengakibatkan kerugian
besar, data yang baik harus memenuhi bebrapa persyaratan berikut ini:
1.
Objektif : Data yang diperoleh dari
hasil penelitian harus menggambarkan keadaan sebenarnya.
2.
Relevan : Data yang diperolah harus
ada kaitannya dengan permasalahan yang akan diteliti.
3.
Sesuai Zaman (Up To Date) :Data tidak
boleh tertinggal zaman (usang) sebab adnya perkembangan waktu dan teknologi
menyebabkan suatu kejadian dapat mengalami perubahan dengan cepat.
4.
Representatif : Data yang diperoleh
dari hasil penelitian sampel harus memiliki atau menggambarkan keadaan
populasinya.
5.
Dapat Dipercaya : Sumber data
(narasumber) harus diperoleh dari sumber yang tepat.
C.
Jenis-Jenis Data[2]
Data adalah ukuran dari variabel.Data diperoleh dengan
mengukur nilai satu atau lebih variabel dalam sampel (atau populasi).
1.
Menurut Sifatnya
a)
Data Kualitatif : data yang tidak
berbentuk angka.
b)
Data Kuantitatif : data yang berbentuk
bilangan (angka)
a.
Data Kotinu : dimana angka-angkanya
sambung-menyambung.
b.
Data Diskrit : merupakan data bilangan
bulat dan bukan pecahan.
2.
Berdasarkan Cara Menyusun Angka
a)
Dataa Nominal : penyusunan angkanya
berdasarkan klasifikasi penggolongan tertentu
4
b)
Data Ordinal : dimana penyusunan
angkanya berdasarkan urutan atau kedudukan.
c)
Data Interval : data statistik yang
mempunyai jarak yang sama terhdap hal-hal yang diteliti.
3.
Menurut Bentuk Angkanya
a)
Data Tunggal : data yang angkanya
beridir sendiri atau data yang tidak dikelompokan serta tidak tergantung
terhadap data lainnya.
b)
Data Kelompok : dimana setiap unitnya
terdiridari sekelompok angka yang saling melengkapi
4.
Berdasarkan Sumber
a)
Data Primer : data yang diperoleh atau
bersumber dari tangan pertama yaitu sumber yang memang benar mewakili atau yang
berhak memberikan informasi data.
b)
Data Sekunder : data yang diperoleh
atau bersumber dari tangan kedua atau diperoleh bukan dari sumbernya langsung.
5.
Berdasarkan Waktu Pengumpulnya
a)
Data Seketika : yang mencerminkan
keadaan pada suatu ketika saja.
b)
Data Urutan Waktu : yang mencerminkan
keadaan dari waktu ke waktu secara berurutan.
D.
Fungsi Data
Kemajuan atau perkembangan anak didik setelah menempuh
proses pendidikan dalam jangka waktu tertentu sebenarnya yang bersifat kualitatif,
akan tetapi diubah menjadi data yang bersifat kuantitatif karena dalam kegiatan
penilaian hasil pendidikan cara yang
paling umum adalah dengan menggunakan data kuantitatif. Maka tidak perlu
diragukan lagi bahwa statistik yang berupa data mempunyai fungsi sangat penting
sebagai alat bantu, yaitu untuk memperoleh, menganalisis dan menyimpulkan data
dari hasil yang telah dicapai.
Selain itu juga dalam ilmu pengetahuan akan dapat menyajikan
data-data dalam bentuk angka-angka, sehingga diperlikan statistik dalam
menafsirkan dan menyimpulkan data tersebut.
5
E.
Kegunaan Dalam Pendidikan
Telah
dijelaskan bahwa istilah statistik dapat diberi pengertian sebagai data
statistik.Statistik berkaitan erat dengan pemanfaatan data.Ada berbagai jenis
pengelompokan data, salah satunya adalah kategori data kuantitatif dan data
kualitatif. Data kuantitatif mengacu pada angka seperti, jumlah penduduk,
tingkat pertumbuhan ekonomi dan sebagainya.Sedangkan data kualitatif mengacu
pada yang bukan angka, seperti agama, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan
sebagainya.
Data
yang ditemukan atau dianalisis dalam dunia pendidikan biasanya berupa :
1. Prestasi
siswa
2. Data
yang berkaitan dengan keadaan anak didik
3. Data
tentang pendidik , tenaga pendidik, prgawai dan lulusannya
4. Data
tentang anggaran pendidikan
5. Data
tentang kepustakaan, administratif dan perlengkapan
Prinsip pengumpulan data statistik pendidikan diantaranya[3] :
1. Lengkap
datanya : lengkap disini mengandung perngertian bahwa volume data sebagaimana
yang direncanakan dan dapat dicapai dengan sebaik-baiknya.
2. Tepatnya
data : tepatnya dalam hail jenis, waktu pengumpulannya, kegunaan dan alat untuk
menghimpun data.
3. Kebenaran
data yang dihimpun : merupakan data yang bersumber dari pihak yang benar.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Secara etimologis kata statistik berasal dari kata
status (bahasa latin) atau kata staat
(bahasa belanda), dalam bahasa Indonesia kata tersebut diterjemahkan
menjadi negara.Pada awalnya, kata “statistik” diartikan sebagai “kumpulan bahan
keterangan (data) baik berwujud angka (data kuantitatif) maupun data yang tidak
berwujud (data kualitatif) yang
mempunyai arti penting dan kegunaan besar bagi suatu negara.
Data adalah bentuk jamak dari datum. Data merupakan
keterangan-keterangan tentang suatu hal, dapat berupa yang diketahui atau yang
dianggap atau anggapan. Data adalah sejumlah informasi yang dapat memberikan
gambaran tentang suatu gambaran atau masalah ,baik yang berupa angka-angka
(golongan) maupun bentuk katagori,seperti: baik, buruk, tinggi, rendah dan
sebagainya.
Adapun Jenis-Jenis
Data,diantaranya:
1.
Menurut Sifatnya
2.
Berdasarkan Cara Menyusun Angka
3.
Menurut Bentuk Angkanya
4.
Berdasarkan Sumber
5.
Berdasarkan Waktu Pengumpulnya
B.
Saran
Adapun saran yang penulis sampaikan adalah agara pembaca
dapat menggunakan pemecahan masalah secara statistik, terutama dalam bidang pendidikan.Data yang baik tentu saja
harus mutakhir (terpercaya) dan cocok dengan masalah penelitian dari sumber
yang dapat dipertanggungjawabkan.
6
DAFTAR PUSTAKA
Moersetyo ,Subana dan Rahardi. 2000. Statistik Pendidikan. (Bandung:Pustaka
Setia)
Supardi ,Darwyan Syah, dan Abd.Aziz Hasibuan. 2009. Pengantar
Statistik Pendidikan,Cet 4, (Jakarta:Gaung Persada)
Suprapto dan Johanes. 2008. Statistika:Teori Dan
Aplikasi, jilid I, (Jakarta:PT Erlangga)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar